Wednesday, April 10, 2013

PostHeaderIcon Tips Menyelesaikan Perselisihan



Tips Menyelesaikan Perselisihan

  1.  Lebih baik bicara
    Yang paling penting adalah bagaimana caranya agar kalian bisa saling berbicara kembali. Bicarakanlah dan cari kesepakatan dengan menjaga agar jangan sampai terjadi perdebatan yang lain. Ambil nafas dalam-dalam, tenang dan gunakan strategi, beri tahu apa yang kamu mau, dandengarkan apa yang ingin dia sampaikan.
  2. Jangan Marah
    Usahakan untuk tidak marah, hitung satu sampai sepuluh sebelum kamu mengatakan sesuatu. Dengan begitu kamu tidak akan mengucapkan kata-kata yang nantinya akan kamu sesali.
  3. Berbaikan
    Coba pikirkan sejenak tentang apa yang kalian perdebatkan itu. Siapakah yang bersalah di sini, jika kamu yang bersalah, beranilah untuk enerima bahwa temanmu mempunyai alasan yang tepat untuk marah kepadamu. Dengarkan apa yang ia katakan, lalu minta maaf.
  4. Konfirmasi
    Jika perdebatannya adalah karena kalian berdua ingin melakukan hal-hal yang berbeda, carilah jalan tengah sehingga kalian berdua sama-sama senang.
  5. Setuju untuk tidak setuju
    Sekalipun kalian sahabat sejati, bukan berarti kalian harus selalu setuju. Jadi, daripada memperpanjang perdebatan yang menghabiskan keeratan persahabatan kalian yang lebih berharga, setujulah untuk tidak setuju. 


Lebih baik kalah debat daripada kehilangan sahabat .

0 comments:

Post a Comment

About Me

Powered by Blogger.

Hello

Blog List

Pages

My name Nurul Reikhana Selvya (selvy). I'm school at Gunadarma Universty. I will be a Psychologist :D. And Thank You who have visited my blog.

Followers

News Studentsite